Share It
Berita Unik & Terkini

Daftar Food Vlogger Lokal yang Bikin Laper
October 7, 2021

Daftar Food Vlogger Lokal yang Bikin Laper

Jika dulu food critics perlu sekolah tata boga, kini siapa pun bisa melakukannya asalkan mampu bikin konten yang menarik perhatian penonton. Untuk menjadi seorang food vlogger atau mukbangers ternyata bisa hasilkan cuan yang cukup besar lho. Jika berhasil mengumpulkan banyak pengikut dan memiliki engagement rate yang memadai, isi dompet akan melembung. Penghasilan mukbanger top di Indonesia sendiri bisa mencapai ratusan juta per bulannya, setara dengan CEO papan atas di Indonesia.

Mukbang YoutubeSumber foto: quora.com

Kali pertama trending di Korea Selatan. Istilah mukbang, atau lengkapnya meok-bangsong, kini menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Secara harfiah yang berarti eating broadcast atau acara makan dalam prosi jumbo yang kemudian disiarkan via sosial media channel YouTube atau Instagram. Berikut list mukbanger lokal favorit dalam Youtube:

Tanboy Kun
Pria kelahiran tahun 1993, dari kota Padang, Sumatera Barat, dengan nama asli Bara Ilham Bakti ini memang hobi makan sejak kecil. Setelah lulus kuliah, pecinta makanan pedas ini iseng saja membuat kanal makan besar di dalam kamar kosnya. Dengan ciri khas mukbang makanan pedas disertai judul ngegas alias serba capslock, kini akun Tanboy Kun memiliki 12,1 juta subscribers. Bara bisa menghasilkan Rp259,8 juta hingga Rp4,1 miliar per bulan. Dalam setahun, dirinya mampu mengumpulkan sekitar Rp3,1 miliar hingga Rp49,64 miliar.

Mukbang - Tanboy KunSumber foto:dailysia.com

Jessica Jane
Adik Justin Tobias atau yang lebih dikenal dengan Jess No Limit ini menjadi konten kreator yang unik. Mengawali karirnya sebagai Youtuber/ mukbanger, tahun April 2018, kini perempuan yang juga memainkan Mobile Legends ini memiliki 8,43 juta subscribers. Tak mau kalah, jumlah penonton di kanalnya pun mencapai 1,07 miliar orang. Tak mengherankan jika brand ambassador Onic eSport ini mampu menghasilkan sekitar Rp198 juta hingga Rp3,1 miliar dalam sebulan. Per tahun, penghasilannya bisa mencapai Rp2,3 miliar sampai Rp37,9 miliar.

Mukbang - Jessica JenSumber foto: akurat.com

Nex Carlos
Urusan rezeki memang tidak ada yang tahu. Saat itu, Nex tengah mengikuti temannya yang sedang menjalankan misi keliling Indonesia untuk konten Youtube-nya. Dan setelah itulah, ketidaksengajaan dirinya menjadi seorang food vloggers. Dengan jargon "Makan cuy", pria kelahiran Pontianak ini memiliki ciri khas me-review makanan yang jarang dikenal orang sambil keliling Indonesia.

Mukbang - Nex CarlosSumber foto: dailysia.com

Tidak hanya me-review, Nex juga menampilkan info-info menarik dengan menambahkan perbincangan dengan pengelola street food yang dipilihnya. Berkat keunikannya, Nex Carlos kini memiliki 3,91 juta subscribers dengan total 796,3 juta penonton di akun Youtube-nya. Dalam setahun, penghasilannya bahkan mencapai Rp1 miliar hingga Rp17,5 miliar, jumlah yang fantastis untuk pekerjaan yang tidak sengaja ini.

Mgdalenaf
Nama lengkapnya Magdalena Firdawati, seorang reviewer makanan dan mukbanger ini dikenal karena kejujuran dan sikap kritisnya dalam menilai makanan. Memiliki daya tarik bagi netizen karena porsi makannya yang bar-bar, tetapi tetap berbadan langsing. Memulai profesi sebagai food vlogger pada tahun 2017, Magda kini memiliki 3,45 juta subscribers dengan total 493,2 juta penonton di kanalnya. Selain itu, Magda juga terkenal sering mempromosikan dagangan penjaja kaki lima.

Mukbang - MagdalenaSumber foto: quora.com

Ken & Grat
Memulai karir sebagai food vloggers pada tahun 2015. "The couple that hustles together will stay together." Ungkapan ini layak diberikan kepada pemilik nama Kenneth Chandra dan Gratiana Lianto. Berawal dari hobi hunting makanan dan membagikannya di media sosial, pasangan yang akhirnya menikah pada tahun 2019 ini akhirnya memutuskan membuat channel Youtube mereka.

Mukbang - Ken and GratSumber foto: ctreemagz.com

Mereka juga me-review makanan dari pinggir jalan atau dari hotel bintang lima. Dan sering juga membandingkan makanan yang sama dengan harga yang mahal dan murah. Keduanya juga tak jarang mengunggah konten yang me-review makanan nonhalal. Identik dengan review-nya yang jujur dan natural di mata penontonnya. Dalam sebulan, pemasukan pasangan ini diperkirakan berada di kisaran Rp394 juta-Rp630 juta.

Ria SW
Mantan creative director di sebuah stasiun TV swasta ini berhasil menarik perhatian 715,1 juta penonton di channel Youtube-nya. Terkadang ditemani oleh boneka ayam bernama Curut saat me-review makanan merupakan beberapa ciri khas channel ini. Memiliki nama lengkap Ria Sukma Wijaya, ia mengawali kariernya sebagai food vlogger pada 2016 silam.

Mukbang - Ria SWSumber foto: dailysia.com

Menggilai makanan pedas, makanan yang di-review-nya pun tak hanya berasal dari Indonesia. Beberapa unggahannya tentang makanan Jepang dan Korea. Fans berat G-dragon ini sekarang memiliki 3,64 juta subscribers di kanalnya. Berkat keunikannya, penghasilan Ria per bulan bisa mencapai Rp30,6 juta sampai Rp490,5 juta. Dalam setahun, alumni London School of Public Relations ini bisa mengumpulkan Rp367 juta hingga Rp5,8 miliar.

RA