Share It
Berita Unik & Terkini

Sikap Kurang Terpuji yang Bikin Tongpes, Apa Saja ayo?
October 9, 2021

Sikap Kurang Terpuji yang Bikin Tongpes, Apa Saja ayo?

Tongpes alias kantong kempes atau dompet tipis uangnya menipis, rasanya akan menjadi galau apalagi gajian masih lama. Sedihnya lagi, tabungan juga tak punya, duh semakin menambah daftar panjang saja kegalauan bergaya hidup di masa sekarang ini. Di antara kita apakah ada yang punya resolusi di tahun ini untuk memperbanyak menabung? Termasuk manusia yang beruntung jika mempunyai resolusi tersebut. Menabung merupakan gaya hidup yang terpuji, harus menjadi perhatian dalam diri untuk merencanakan kebahagiaan di masa depan.

Jika ingin rajin menabung, tentunya harus disiplin dalam mengelola keuangan.  Dan pastinya dalam mengelola keuangan ini butuh perjuangan yang teramat besar. Bagi setiap individu akan berbeda rasanya dalam menyikapi perjuangan tersebut. Jadi intinya, hidup berhemat akan menjadi kendali agar tabungan tetap utuh dan mengelola keuangan juga akan sukses. Namun, akan berbeda kasusnya jika selalu hidup boros, biasanya akan merasa kurang terus. Sebenarnya, banyak sikap yang menjadikan dompet kita kempes. Apa saja sikap tersebut? Yuk, simak bersama!

Nongkrong di kafe
Nongkrong di kafe merupakan gaya hidup masa kini. Rasanya tak afdal jika tak pergi ke kafe sekadar ngopi atau kongkow. Namun, tanpa disadari gaya hidup ini akan membuat kita semakin boros. Oleh karena setelah dihitung-hitung, jajan di kafe ini membutuhkan budget yang tak sedikit, lho. Jadi jadwalkan jika ingin nongkrong di kafe dan bijak dalam mengeluarkan uang agar tak boros.

Sumber foto: Pexels.com

Membayar dengan nontunai
Tanpa disadari membayar dengan nontunai akan membuat belanja semakin tak terkendali dan boros. Jadi, kapan menabungnya kalau hal ini terjadi? Apalagi uang elektronik juga sekarang semakin mudah digunakan tinggal scan barcode dan selesai deh bertransaksi. Memang, cara pembayaran ini memudahkan siapa saja, apalagi dengan mobilitas yang semakin tinggi, membawa uang tunai kurang aman dilakukan. Namun, lama kelamaan gaya hidup uang nontunai ini akan semakin kurang terkontrol. Jadi, tetap bijak menggunakan uang nontunai, ya!

Tidak pernah membawa bekal
Betapa jika kita membawa bekal makan siang ke kantor akan menghemat pengeluaran makan siang kita. Ada benarnya, karena harga seporsi makan siang di wilayah perkantoran saat ini relatif mahal. Jika terus menerus demikian, pastinya pengeluaranmu untuk hal ini saja akan tak terkendali. Sebaiknya memang membawa bekal makan siang dari rumah. Kita akan semakin beruntung dalam mengelola keuangan, percayalah!

Sumber foto: Pexels.com

Menggunakan kartu kredit
Bikin tongpes dengan membayar utangnya dengan cara gesek kartu kredit. Menggesek kartu kredit dengan mudahnya tanpa disadari utang semakin bertumpuk. Bijak dalam menggunakan kartu kredit karena kadang sering menjadi penggoda iman dan kita malah terjebak ke dalam dunia konsumtif dan boros.

Membeli makanan secara online
Membeli makanan secara online juga akan membiasakan hidup boros. Sebentar-sebentar, klik aplikasi lalu diantarlah makanan yang kita inginkan. Jika gaya hidup ini semakin diterapkan alhasil keuanganmu akan semakin habis dan boros. Solusinya memasak sendiri di rumah. Boleh-boleh saja sesekali membeli makanan secara online, tapi jangan dijadikan tabiat.

Nah, kembali lagi dalam mengelola keuangan butuh disiplin serta niat yang kuat. Untuk itu, ciptakan gaya hidup yang biasa-biasa saja agar keuangan kita tetap terkontrol. Dan tentu saja, jika ingin berbelanja pun ingatlah untuk mencatatnya agar tak membeli barang yang tidak kita butuhkan. Tentunya, jaga selalu keadaan dompet agar tidak tongpes, ya!

RF