Share It
Berita Unik & Terkini

Terjebak dalam Persahabatan Gak Sehat? Kenali Sikapnya!
October 8, 2021

Terjebak dalam Persahabatan Gak Sehat? Kenali Sikapnya!

Persahabatan memang pertemanan yang lebih solid bahkan intens. Tak jarang persahabatan juga banyak membawa kebaikan bagi diri kita sehingga bisa saling mawas diri serta mengingatkan satu sama lainnya. Persahabatan juga akan menjadi lebih erat jika di dalamnya tumbuh rasa kasih sayang, peduli, satu frekuensi, serta tentu saja bersahabat bukan hanya berteman saja, tetapi saling menguatkan dan saling mendukung.

Namun, akan lain keadaannya jika dalam persahabatan sudah ada yang terusik. Misalnya, kurang solid lagi, saling menjelekkan, atau bahkan malah tumbuh konflik yang begitu dalam. Jelas-jelas hal ini bukan dikatakan sebagai persahabatan yang baik, tetapi akan membawa onak bagi perasaan kita sendiri. Nah, sebaiknya kita memahami arti persahabatan yang sehat dan tidak sehat. Namun, pada kali ini kami akan membahas dahulu bagaimana persahabatan yang sudah tidak sehat dan ditandai dengan adanya sikap seperti berikut ini.

Sudah tidak ada komunikasi intens
Dalam persahabatan tentu saja ada komunikasi yang lebih intens daripada sekadar berteman biasa. Namun, jika persahabatan kalian sudah tidak sehat, tumbuh kerenggangan dalam berkomunikasi sehingga tak seintens seperti dahulu lagi. Satu sama lain saling menjauh dan bahkan sudah tidak peduli.

Sumber foto: Pexels.com

Menghubungi saat lagi butuhnya saja
Sahabat memang selalu ada dalam suka dan duka. Namun, lain halnya jika sudah berada dalam hubungan persahabatan yang tak sehat maka soal peduli ini jadi lain konteksnya. Saat membutuhkan kita dia baru datang kepada kita, tetapi saat tidak butuh dia menjauh. Nah, lebih baik pertanyakan soal persahabatan ini mau dibawa ke mana jadinya.

Meluapkan curhat, tetapi tak digubris
Namanya sahabat dan saling meluapkan curhat merupakan hal yang sangat lumrah. Saling mendukung, berbagi pengalaman, memberikan solusi serta saran itu merupakan cerminan persahabatan yang sehat. Akan lain ceritanya, jika salasatu ada yang curhat, tapi tidak digubris dipedulikan pun tidak nah ini apakah masih tergolong persahabatan yang sehat? Tentu saja tidak sehat sama sekali.

Tidak peduli lagi dengan persahabatan
Pastinya akan ada tanda bahwa sudah tidak peduli lagi dengan persahabatan kalian dan ini merupakan indikasi bahwa persahabatan makin kian jauh dan semakin tak sehat. Hal ini perlu dibicarakan ulang jangan sampai ada perpecahan bahkan konflik.

Punya teman yang baru sehingga menjauh
Persahabatan yang tidak sehat ditandai juga dengan menjauhnya sang sahabat dan dia mempunyai teman yang baru. Ya sudah, mau diapakan lagi jika sudah terjadi seperti ini, mungkin persahabatan kita akan menjadi sebuah kenangan.

Sumber foto: Pexels.com

Iri hati jika sahabatnya bahagia
Iri hati memang sebuah sikap yang tak terpuji, apalagi melihat sahabatnya bahagia malah dirinya tidak suka dan bahkan jadinya merasa panas hati. Persahabatan dengan sikap seperti ini tentu saja sudah tidak sehat dan akan menjadi onak bagi siapa saja yang terlibat di dalamnya.

Membawa pengaruh negatif
Dan satu lagi, persahabatan yang baik selalu membawa kebaikan dalam diri kita. Jika membawa pengaruh yang negatif, tentu saja akan memberikan sesuatu yang buruk kepada sikap kita sendiri. Lebih baik, tinggalkan hal yang tidak membawa kebaikan kepada diri kita sendiri.

Faktanya, memang persahabatan akan solid karena jiwa-jiwa yang peduli dan saling mengasihi. Jika semua sikap terpuji itu salasatu hilang, maka persahabatan akan menjadi kenangan serta pengalaman yang menjadi pelajaran di masa depan nanti.

RF