Share It
Berita Unik & Terkini

Pahami, Sikap Ini jika Kita Menjadi Tetangga yang Baik
October 10, 2021

Pahami, Sikap Ini jika Kita Menjadi Tetangga yang Baik

Ada anggapan bahwa tetangga adalah saudara yang paling dekat. Faktanya memang tidak salah juga bahwa dalam hidup bertetangga kita harus menerapkan aturan serta adab yang menjadi panutan setiap yang berdiam di mana pun. Dalam berkehidupan sosial juga, namanya bertetangga adalah sebuah proses berinteraksi dengan lapisan masyarakat yang dengan latar belakang berbeda-beda.

Menjadi tetangga yang baik dan mempunyai aturan memang sepenuhnya dijadikan patokan hidup. Sebagai manusia, mempunyai adab serta tingkah laku yang sopan serta santun dalam bersikap juga merupakan aturan utama. Nah, pada kali ini kami akan sampaikan mengenai beberapa sikap kita jika menjadi tetangga yang baik. Apa sajakah sikap tersebut? Mari simak penuturan penting di bawah ini!

Memperkenalkan diri saat baru pertama kali pindah
Tentu saja sebagai tetangga yang baik, saat kali pertama pindah ke tempat yang baru selalu memperkenalkan diri kepada tetangga sekitarnya. Hal ini sebagai bentuk sikap yang baik dan patut dicontoh siapa saja karena bertetangga itu hidup dengan berbagai lapisan sosial.

Sumber foto: Pexels.com

Melaporkan diri kepada RT atau RW setempat
Sikap yang baik juga harus didahulukan, seperti melaporkan diri kepada RT atau RW setempat jika kita pindah ke lingkungan yang baru. Hal ini juga menjadi pedoman utama, selain memperkenalkan diri juga mengurus dokumen perpindahan yang menjadi aturan dari RT atau RW setempat.

Tidak membuat kegaduhan yang mengganggu tetangga
Hidup bertetangga inginnya damai dan tenang, oleh sebab itu hindari sikap yang akan membuat kegaduhan bertetangga. Misalnya, menyetel musik yang terlalu keras, mempunyai binatang peliharaan seperti anjing, atau berbicara dengan berteriak.

Tidak parkir sembarangan sehingga mengganggu jalanan umum
Nah, hal ini juga perlu dicamkan dalam hidup bertetangga. Hindari menggunakan jalan umum sebagai tempat parkir pribadi. Hal ini tentu saja menjadi cerminan diri sendiri. Sebaiknya, jika mempunyai kendaraan dan garasinya belum terbangun, lebih baik cari solusi yang lebih baik dengan tidak mengganggu fasilitas umum.

Berbuat dermawan
Manusia yang baik adalah yang selalu bederma. Begitu juga dengan bertetangga, tak ada salahnya untuk saling berbagi makanan, oleh-oleh, dan sebagainya untuk mempererat tali persaudaraan di antara tetangga. Hal ini juga akan menjadi budaya yang sangat menyenangkan dengan membentuk sebuah keakraban di antara tetangga satu sama lainnya.

Sumber foto: Pexels.com

Ikut perkumpulan yang telah ditentukan
Dalam bertetangga juga sering sekali ada perkumpulan yang membahas tentang aturan lingkungan atau perayaan kecil yang berhubungan dengan kemasyarakatan. Seyogyanya, kita urun rembug dalam perkumpulan tersebut dan aktif memberi saran serta tenaga demi kemajuan lingkungan tempat tinggal kita.

Saling bertoleransi dalam acara keagamaan
Saling bertoleransi merupakan sikap yang sangat penting dalam hidup bertetangga. Saling menghormati saat ada perayaan keagamaan dan saling mendukung untuk tercipta hidup yang damai serta tenteram.

Tahu diri dan juga punya adab sopan serta santun
Adab sopan santun memang wajib dimiliki oleh siapa saja. Jadi, dalam bertetangga juga sikap tersebut sangat dituntut apalagi namanya tetangga adalah saudara yang paling dekat sehingga kerap ada saja aksi minta bantuan atau kita membantu mereka.

Jadi, sebenarnya sangat mudah dipahami bukan menjadi tetangga yang baik itu seperti apa. Kembali lagi, tanamkan dalam diri karena kita sebagai makhluk sosial pasti saling membutuhkan siapa saja dan tetangga termasuk di dalamnya.

RF