Share It
Berita Unik & Terkini

Begini Tandanya jika Gak Cocok Pakai Skincare
October 8, 2021

Begini Tandanya jika Gak Cocok Pakai Skincare

Salasatu mensyukuri akan ciptaan Tuhan yaitu dengan cara menjaga kesehatan tubuh serta merawatnya, termasuk merawat kesehatan serta kecantikan kulit kita menjadi lebih baik. Banyak cara menuju kulit yang sehat tersebut, salasatunya menggunakan skincare atau produk perawatan kulit yang cocok dengan jenis kulit kita. Produk skincare banyak ragam yang ada di pasaran, termasuk krim perawatan, serum, masker, toner, essence, dan lain sebagainya. Rangkaian skincare ini akan membuat kulit kita menjadi terawat dan tentu saja sebagai investasi untuk kecantikan kulit kita di masa mendatang.

Nyatanya, tak semuanya cocok dengan skincare yang sedang digunakan. Baru membeli lantas mencobanya malah timbul reaksi yang tidak diinginkan. Ada yang bruntusan, kemerahan, atau bahkan gatal-gatal. Nah, untuk itu pada kali ini tepat sekali membahas bagaimana reaksi skincare yang tidak cocok di kulit kita itu seperti apa. Lebih lengkapnya, simak yuk penjelasan menarik berikut ini.

Kulit menjadi gatal-gatal
Akibat skincare yang tidak cocok di kulit kita mengakibatkan kulit menjadi gatal-gatal. Hal ini menjadi tanda yang mutlak dan harus dikonsultasikan kepada dokter kulit atau setop penggunaan skincare kamu. Istirahatkan dahulu kulit kita agar gatal-gatal tidak berlanjut yang malah akan membuat kondisi kulit semakin buruk.

Sumber foto: Pexels.com

Kulit terasa panas terbakar atau menyengat
Selanjutnya, tidak cocok menggunakan skincare akibatnya yaitu kulit terasa terbakar dan panas menyengat. Hal ini bisa terjadi akibat reaksi kimia yang ada pada skincare tersebut yang menjadikan kulit kita tidak bisa menerima reaksi kimia yang ada pada kandungan skincare-nya.

Kulit memerah dan iritasi
Akibat tidak cocok menggunakan skincare ditandai juga dengan kulit yang memerah serta iritasi. Hal ini sering terjadi pada pemakaian 2-3 hari sehingga berakibat pemakaiannya juga harus dihentikan. Memang reaksi skincare bagi setiap kulit orang akan berbeda-beda. Ada yang cocok dan bahkan berhasil menjadikan kulit sehat dan cantik, atau malah justru menjadi sebuah bencana bagi kita sendiri.

Ruam kulit
Ruam kulit juga bisa terjadi saat penggunaan skincare tidak cocok diaplikasikan pada kulit kita. Jika ruam terjadi memang tak instan, biasanya pemakaian sincare selama satu minggu akan muncul ruam yang mengakibatkan tidak nyaman kulit kita bahkan menjadi bruntusan atau merah dan gatal.

Sumber foto: Pexels.com

Kulit kering dan mengelupas
Penggunaan skincare yang tidak cocok pun bisa ditandai dengan terjadinya kulit kering dan mengelupas. Biasanya pemakaian skincare ini berjarak satu atau dua minggu sehingga reaksi kulit jadinya menolak. Jika terjadi demikian, segera hentikan penggunannya dan lakukan konsultasi dengan dokter kulit yang menangani perawatan kulit wajah kita.

Kulit tampak kusam
Tujuan memakai skincare tentu saja agar menjadikan kulit kita glowing atau cerah senantiasa. Selain pori-pori yang mengecil, dan kulit juga terasa kenyal dan segar. Namun, jika ternyata kulit menjadi kusam dan reaksi skincare malah memperparah kondisi kulit kita, ini merupakan tanda bahwa skincare yang kita gunakan tidak cocok dengan jenis kulit kita. Sebaiknya hentikan penggunaannya.

Menjadikan kulit senantiasa cantik dan sehat memang dambaan semua orang, baik laki-laki juga perempuan. Namun, sebaiknya sebelum menggunakan skincare agar tidak berakibat buruk pada kulit kita konsultasikan dahulu kepada dokter kulitnya agar tetap di bawah kontrol. Tetap sehat dan semangat merawat kulit, ya!

RF