Share It
Berita Unik & Terkini

Fakta Menarik Kota Tokyo yang Mempesona
October 4, 2021

Fakta Menarik Kota Tokyo yang Mempesona

Kota Metropolitan terpadat dunia
Menurut tabloid ternama People terbitan Amerika Serikat, Tokyo menduduki peringkat pertama sebagai kota Metropolitan terpadat di dunia dengan jumlah populasi 37 juta orang yang berkegiatan setiap harinya. Pusat kota Tokyo sendiri bahkan dihuni secara permanen oleh sekitar 14 juta orang. Menariknya, posisi kedua justru ditempati oleh Jakarta. Ibukota negara Indonesia ini memiliki populasi 35 juta orang yang berkegiatan setiap harinya.

Tokyo bukan nama sebenarnya
Selama ini kita mengenal Tokyo sebagai ibukota sekaligus salasatu kota besar di Jepang. Sebenarnya, sebelum bernama Tokyo, kota ini aslinya bernama Edo. Nama Edo dipakai pada masa pemerintahan Tokugawa yang berkuasa pada tahun 1603 hingga tahun 1868. Untuk mengenang dan melestarikan sejarah masa pemerintahan Tokugawa, pemerintah Jepang mendirikan The Edo Museum di Tokyo.

Sumber foto: pinterest.com

Penyeberangan Shibuya
Kita mungkin sering melihat tayangan ratusan bahkan ribuan orang yang sibuk berjalan kaki dan menyeberang jalan di pusat kota Tokyo dengan tergesa-gesa. Tempat tersebut yaitu Shibuya, salasatu pusat kegiatan bisnis, ekonomi, dan perkantoran di Tokyo. Tempat ini menunjukkan kepada dunia bahwa masyarakat Jepang sangat teratur dan disiplin bahkan dalam hal berjalan kaki.

Sumber foto: trip.com

Stasiun Shinjuku yang legendaris
Sebagian besar masyarakat Tokyo memakai layanan angkutan kereta api untuk kebutuhan transportasi harian mereka. Jumlah pengguna kereta di Tokyo bahkan jauh lebih banyak dari jumlah pengguna kendaraan pribadi. Salasatu stasiun kereta paling legendaris di Tokyo yakni Stasiun Shinjuku. Stasiun ini diperkirakan melayani hingga sekitar 3,5 juta komuter pengguna kereta api setiap harinya. Hal ini menjadikan Stasiun Shinjuku sebagai stasiun kereta tersibuk di dunia.

Surga kuliner
Tokyo dikenal sebagai salasatu kota dunia yang memiliki beragam jenis kuliner yang terlengkap. Berbagai hidangan makanan bisa ditemui dengan mudah di Tokyo, mulai dari masakan Jepang, Oriental, Timur Tengah, hingga masakan khas Barat. Tokyo tercatat memiliki lebih dari 226 restoran yang memiliki status bintang dari Michelin. Sebelas di antaranya bahkan meraih status bintang tiga Michelin atau status tertinggi dalam penilaian restoran terbaik versi Michelin.

Tokyo Disneyland
Penggemar Micky Mouse dan Donald Duck tidak perlu jauh-jauh ke Amerika Serikat untuk melihat kemegahan Disney Park. Tokyo Disneyland kali pertama dibuka pada 15 April 1983. Tokyo Disneyland merupakan komplek resor dan wahana Disney pertama yang dibuka di luar Amerika Serikat.

Tokyo Disneyland merupakan salasatu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Tokyo hingga saat ini. Secara keseluruhan, komplek Tokyo Disneyland berdiri di atas lahan seluas 47 hektar yang terdiri dari Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea.

Sumber foto: byfood.com

Menara Tokyo yang ikonik
Tokyo Tower atau Menara Tokyo adalah ikon paling terkenal dari Ibukota Jepang ini. Menara yang kali pertama dibuka pada tahun 1958 tersebut memiliki tinggi 333 meter dan sempat menjadi bangunan tertinggi di Jepang. Masyarakat umum dapat berkunjung ke menara ini dan melihat seluruh pemandangan Tokyo dari menara puncaknya.

Tuan rumah Olimpiade
Tokyo merupakan satu dari sedikit kota di dunia yang pernah dua kali menggelar ajang olahraga Olimpiade. Sebenarnya Tokyo kali pertama ditunjuk sebagai tuan rumah Olimpiade pada tahun 1940 . Sayangnya, kemudian harus dibatalkan karena terjadinya Perang Dunia Kedua. Kesempatan menjadi tuan rumah akhirnya kembali diraih Tokyo pada tahun 1964 yang diikuti 93 negara.

Indonesia sendiri dicekal dan tidak dapat tampil pada Olimpiade 1964 karena menolak memberikan visa kepada kontingen Israel dan Taiwan pada Asian Games 1962 di Jakarta. Pada tahun 2020, Tokyo kembali menjadi tuan rumah Olimpiade. Situasi pandemi global Covid-19 membuat ajang olahraga tersebut diundur setahun pelaksanaannya menjadi tahun 2021.

AI