Share It
Berita Unik & Terkini

Masak Sendiri Steak di Rumah, Perhatikan Kiatnya
October 6, 2021

Masak Sendiri Steak di Rumah, Perhatikan Kiatnya

Makan steak biasanya di restoran dan mengeluarkan kocek yang tak sedikit. Namun, boleh dong sekali-kali biar hemat memasaknya di rumah. Tinggal membeli bahan-bahannya di supermarket dan ajak semua keluarga untuk membuatnya di rumah.

Memang, banyak yang melakukan hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, karena membuat steak sendiri selain bisa hemat, pun bisa meracik bumbu sesuai selera. Memanggang dagingnya pun bisa sesuka hati dengan tingkat kematangan yang disukai. Untuk itu, kali ini kami akan berbagi kiat bagaimana sih agar sukses memasak steak sendiri di rumah. Tentu saja, dengan penjelasan yang mudah dipahami dan langsung bisa dipraktikkan di rumah. Yuk, simak ya, guys!

Pilihlah daging yang tepat
Nah, kamu bisa memilih daging yang kamu suka saat berbelanja di supermarket sebelum memasak dilakukan. Bisa memilih sirloin, tenderloin, atau ribeye. Setiap daging punya standar masing-masing dan harganya pun bisa disesuaikan dengan kantong kamu. Pastinya, dengan membeli sendiri akan jauh berbeda jika membeli di restoran, bukan?  Jenis, kualitas, dan harga daging akan menentukan perbedaannya. Namun, ada hal yang tak boleh ditawar yaitu pilihlah selalu daging yang segar.

Sumber foto: Pexels.com

Sesuaikan tingkat kematangan
Nah, kiat yang selanjutnya yaitu menentukan tingkat kematangan daging yang dipanggang. Boleh dipanggang di oven, bara api, atau di pan biasa yang tentunya sudah dimarinasi dengan bumbu-bumbu pilihan. Kamu bisa memilih kadar tingkat kematangan yang matang sekali atau well done, sedang atau medium, atau medium well. Semuanya bisa dipraktikkan sesuka hati agar steak yang kita buat sendiri tersebut dapat memuaskan selera. Yang pasti, jangan terlalu matang sekali malah nanti dagingnya akan keras saat disantap.

Siapkan pemanggang dengan suhu maksimal
Selalu siapkan pan atau panggangan steak dengan panas yang maksimal. Hal ini tentu saja akan membantu tingkat kematangan daging yang kita inginkan. Jika suhu sudah maksimal proses pemasakan juga akan sempurna dan kita akan segera menyantapnya bersama keluarga. Dan tak perlu menunggu lama, tentunya.

Pilih pan yang antilengket
Jika menggunakan pan untuk memanggang daging yang akan kita olah menjadi steak, tentu saja harus menggunakan pan yang antilengket. Kamu bisa memilih pan yang berbahan stainless atau marble. Pan ini tentu saja akan membantu proses pematangan daging sesuai harapan kita.

Sumber foto: Pexels.com

Pilih panggangan yang besar
Nah, jika menggunakan panggangan dengan bara api, gunakan panggangan yang besar agar bisa menampung daging lebih banyak dan bisa matang dengan bersamaan. Tentu saja banyak kelebihan jika dimasak dengan bara api, karena akan lebih wangi dagingnya dan tingkat kematangannya juga lebih sempurna dibandingkan dimasak menggunakan pan.

Gunakan bumbu pilihan
Nah, ini tentunya yang sangat menentukan rasa steak nanti yang kita buat sendiri tersebut. Selalu memilih bumbu pilihan dari lada hitam, lada putih, butter, dan sebagainya. Bumbu pilihan akan menguatkan rasa, tentu saja dengan pengolahan yang baik akan menentukan cita rasa steak nantinya.

Bagaimana, mudah sekali bukan membuat sendiri steak di rumah? Yuk, belanja ke supermarket sekarang dan beli bahan-bahan yang dibutuhkan, siapa tau kamu menjadi chef andalan di rumah dengan menu steak yang menggugah selera seluruh keluarga. Selamat mencoba!

RF