Share It
Berita Unik & Terkini

Guys, Ini Tips Kembali Bugar setelah Vaksin
October 4, 2021

Guys, Ini Tips Kembali Bugar setelah Vaksin

Bagaimana, guys, sudah melaksanakan vaksinasi yang dicanangkan pemerintah? Jika belum, yuk lakukan segera agar imunitas lebih kuat dan jika yang sudah ayo lengkapi sampai vaksin kedua, ya! Bagi kalian yang sudah vaksin, pasti merasakan efek yang dirasakan oleh tubuh masing-masing, meskipun konteksnya memang berbeda efeknya bagi masing-masing individu. Nah, ada yang merasakan pusing, demam, pegal, lemas, sakit kepala, lapar, atau mengantuk.

Memang, mayoritas merasakan lemas yang berlebihan dan tidak fit, tapi jangan khawatir banyak cara untuk mengembalikan tubuh menjadi bugar kembali. Dan pada kali ini kami akan membahas tentang hal ini, mari simak bersama.

Istirahat yang cukup
Setelah vaksin usahakan istirahat yang cukup untuk memulihkan kebugaran tubuh. Memang reaksi yang dirasakan berbeda-beda bagi setiap orang, tapi tetap kita harus tetap waspada akan efek yang terjadi. Tidurlah yang cukup, jangan terlalu berlebihan berolahraga, beraktivitas juga seperlunya, dan usahakan untuk tetap memperhatikan kondisi tubuh agar tubuh juga tetap bersahabat dengan vaksin yang telah disuntikkan ke dalam tubuh kita.

Sumber foto: Pexels.com

Konsultasi dengan dokter
Jika merasakan kebugaran menurun setelah vaksin, kalian bisa kok mengonsultasikan kepada dokter atau nakes yang ditunjuk, yang informasinya ada di kartu vaksin yang kalian dapatkan. Hal ini bisa mempermudah proses pemulihan, siapa tahu ada yang butuh diberi obat-obatan untuk mengembalikan kebugaran tubuh agar fit kembali seperti sedia kala.

Hindari melakukan aktivitas yang berlebihan
Sebaiknya jika kelelahan setelah vaksin, segerakan dengan istirahat. Jika sedang beraktivitas, hentikan sejenak atau jika sedang bekerja ajukan izin untuk cuti atau off sementara. Hal ini juga merupakag alarm bahwa vaksin sedang bekerja dalam tubuh kita dan dengan kita beristirahat dengan baik akan memaksimalkan kerja vaksin dalam tubuh.

Konsumsi makanan yang bergizi
Untuk memulihkan kebugaran setelah vaksin bisa juga kalian konsumsi makanan yang bergizi tinggi. Ambil kebaikan kandungan gizinya sebagai penopang untuk energi yang akan menjadikan tubuh kembali bugar seperti sedia kala. Makanan yang mengandung protein tinggi, mineral, atau lemak yang akan meningkatkan semangat agar tubuh segar. Boleh juga dengan memilih jus buah yang kalian suakai dan konsumsi sebanyak mungkin.

Sumber foto: Pexels.com

Usahakan tidak minum sembarang obat-obatan
Lelah memang dirasakan bagi yang melakukan vaksinasi, tetapi lantas jangan sembarangan juga untuk mengonsumsi obat yang biasa diminum. Lebih baik, lakukan istirahat dahulu sebanyak mungkin dan tetap melakukan pola hidup sehat yang selama ini dilakukan. Konsumsi obat yang sembarangan harus tetap diwaspadai takutnya memicu reaksi lain yang nantinya akan membahayakan keadaan kita sendiri.

Minum yang banyak
Kelelahan setelah vaksin juga bisa diatasi dengan asupan cairan yan banyak. Bisa minum air mineral, jus buah atau sayur, dan sebagainya. Cairan akan membantu proses pemulihan tubuh menjadi bugar kembali, tetapi tetap usahakan dibarengi dengan istirahat yang cukup. Ingat, tubuhmu merupakan aset utama yang harus dijaga kesehatannya.

Begitulah, guys, jadi lemas dan menurunnya kebugaran setelah vaksin merupakan reaksi yang dirasakan oleh sebagian besar penerima vaksin saat ini. Tetap lakukan pola hidup sehat agar kita sebagai penerima vaksin juga tetap sehat, serta kekebalan tubuh juga terjaga dengan baik. Semoga sehat selalu, ya!

RF