Share It
Berita Unik & Terkini

Cara Jaga Kesehatan Mental, Selalu Hargai Diri Sendiri
October 2, 2021

Cara Jaga Kesehatan Mental, Selalu Hargai Diri Sendiri

Menjaga kesehatan tubuh memang sangat penting, selain bisa membuat kita sehat dalam menjalankan aktivitas juga akan terasa cepat karena tubuh kita sudah sigap dalam melakukan apa saja. Namun, tak hanya cukup sehat fisik saja, kesehatan mental juga butuh dijaga dengan baik agar menjalankan hidup itu selaras. Sehat mental bukan hanya membuat kita menjadi pribadi yang tangguh, tetapi akan menjadi sosok yang terbaik dalam menjalani kehidupan kita sendiri.

Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting kita jaga, termasuk mengelola emosi, stres, ketidaksukaan, benci, marah, dan lain sebagainya. Namanya hidup pasti ada saja konflik dan masalah terjadi dan kita harus menjadi sosok pribadi yang sangat tangguh dalam menghadapi semuanya. Untuk menjadi sehat mental tersebut, banyak cara yang bisa kita tempuh. Untuk lebih lengkap bagaimana cara mengelolanya mari simak dalam penjelasan menarik berikut ini.

Menghargai diri sendiri
Menjaga kesehatan mental memang katanya sederhana, tetapi pas melakukannya justru sering menyulitkan diri sendiri. Hal ini tanpa dibarengi dengan rasa menghargai kita kepada diri sendiri. Oleh sebab itu, mulai sekarang, biasakanlah untuk memperlakukan dan melihat diri sendiri dengan positif. Lakukan yang bisa membuat kita senang, bahagia, dan penuh dengan rasa syukur. Syukuri setiap hal yan bisa kamu lakukan hari ini agar ke depannya hidup terasa tenang dan nyaman.

Sumber foto: Pexels.com

Mengelola stres dengan baik
Hidup juga tak jarang berkenaan dengan stres yang membuat kita down. Stres sangat menyita waktu dan pikiran kita sehingga kita bisa menjadi manusia yang tidak berdaya apa-apa dan butuh pertolongan orang lain. Namun, stres juga ternyata bisa dikendalikan oleh kita sendiri kendati banyak sekali tantangannya karena pada kenyataannya mengelola stres sendiri itu tidaklah mudah. Contoh sederhana yang bisa mengendalikan stres kamu yaitu dengan cara membaca buku, minum teh hangat, menjalankan hobimu, dan sebagainya. Buatlah dirimu semakin bermanfaat dan produktif agar stres juga tak berlama-lama singgah di diri kamu sendiri.

Tetapkan tujuan yang realistis
Manusia pastinya mempunyai tujuan hidup yang pasti. Walaupun tak semuanya sama dan dengan proses yang berbeda-beda, tetapi akan mengerucut pada kebahagiaan lahir dan batin serta kesenangan diri dan keluarganya. Itulah makanya, kenapa kita harus menetapkan tujuan secara realistis agar mental kita tetap sehat dan terjaga. Mental yang tangguh dan kuat harus tetap ada bagi orang-orang yang mempunyai tujuan hidup yang jelas.

Sumber foto: Pexels.com

Sering membantu orang lain
Nah, hal ini merupakan healing tersendiri bagi kita. Oleh karena dengan membantu orang lain, kita akan merasakan empati yang mendalam. Kesusahan orang lain akan kita rasakan sehingga menjadi bentuk rasa simpati yang sangat mendalam. Hal ini tentu saja akan membentuk mental yang baik karena ingat tak hanya dirimu yang mengalami kesusahan, banyak orang lain juga yang sedang membutuhkan bantuan.

Sejatinya, manusia merupakan makhluk yang terus belajar. Meskipun diberikan akal serta pikiran yang sehat, tetapi tetap harus tetap kita bina sendiri agar semuanya bersinergi dengan baik.

RF