Share It
Berita Unik & Terkini

Inilah Aplikasi Video Editing Paling Populer pada Ponsel
September 9, 2021

Inilah Aplikasi Video Editing Paling Populer pada Ponsel

Kebutuhan konten video semakin diperlukan oleh banyak perusahaan,instansi, pengusaha, bahkan individu seperti konten kreatif dan vlogger. Pertumbuhan industri digital yang cukup pesat dan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi dalam bentuk video membuat video menjadi sesuatu yang penting terutama bagi mereka yang menggunakan media sosial. Semenjak kesuksesan aplikasi Tik-Tok yang mencoba mengikuti jejak YouTube, kebutuhan konten video di masyarakat semakin meningkat dan semua orang berlomba-lomba menampilkan video yang menarik dan kreatif sebagai media promosi dan informasi melalui media sosial mereka.

Video editing adalah suatu proses penyeleksian, penambahan teks/judul, variasi, transisi, effect, lagu, sound effect, caption, dan merubah tampilan warna. Pada proses video editing ini kita dapat membuat video menjadi lebih menarik atau membuang bagian klip yang tidak dikehendaki, misalnya ada yang blur, tidak focus, atau videonya goyang.

Beberapa format standar video yang biasa dipakai di beberapa negara, antara lain NTSC (National Television Standards Comitte) yang dipakai oleh: Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, dan Korea dengan frame rate 30 fps (tepatnya 29,97fps). Selanjutnya, terdapat PAL (Phase Alternate Line) yang dipakai oleh Indonesia, Inggris, Australia, Eropa, dan China yang menggunakan frame rate sebesar 25 fps. Terakhir, yaitu SECAM (Sequential Couler Avec Memoire) yang dipakai oleh: Perancis, Timur Tengah, dan Afrika yang menggunakan frame rate sebesar 25 fps. Berikut 3 aplikasi editing video populer yang tersedia di layanan Playstore pada HP.

FilmoraGo
FilmoraGo adalah aplikasi edit video yang sangat praktis dan mudah digunakan. Aplikasi editing ini sangat cocok dipakai untuk pemula yang belum pernah sama sekali mengedit videonya sendiri.

Terdapat banyak fitur menarik yang bisa kita gunakan di dalam Filmora. Fitur-fiturnya meliputi pemangkasan, pemotongan, penambahan tema, dan musik. Opsi yang tersedia dalam Filmora juga beragam, yakni mulai dari rasio 1:1, rasio 16:9. Dalam Filmora juga terdapat fitur penambahan transisi, slow motion, penambahan teks, dan banyak fitur penunjang editing video lainnya.

Sumber foto: toms guide.com

KineMaster
Kinemaster adalah sebuah aplikasi pada smartphone yang khusus digunakan untuk keperluan editing video. Aplikasi ini dikembangkan oleh Nex Streaming, perusahaan Korea Selatan yang bergerak dalam bidang pengembangan perangkat lunak multimedia. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2013.

KineMaster memiliki beberapa fitur yang termasuk lengkap sehingga setiap orang bisa berkreasi sesuai dengan selera masing-masing. Melalui KineMaster, Kita bisa dengan mudah mengimpor file dari media yang berbeda. Fitur lainnya, yaitu dapat memudahkan untuk memotong, memberikan efek, hingga menambahkan teks tulisan dalam video.

Sumber foto: theverge.com

VivaVideo
Aplikasi editing video terakhir yang terkenal untuk ponsel, yaitu VivaVideo. Aplikasi editing video ini memungkinkan penggunanya untuk menggabungkan video dengan beberapa ketukan pada ponsel. Aplikasi gratis ini mencakup ratusan efek khusus, stiker, filter, klip animasi, dan subtitle yang tentunya akan semakin membuat menarik video hasil editing-nya nanti.

Aplikasi editing VivaVideo ini juga memiliki fitur kontrol gerak lambat maupun cepat, sembilan opsi lensa khusus, perpustakaan musik latar dan berbagai template untuk kolase. Keuntungan lainnya, yaitu video hasil editan tersebut nantinya bisa dibagikan di jaringan VivaVideo yang terdiri dari lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini cukup menarik bukan?

AI