Share It
Berita Unik & Terkini

Manfaat Penggunaan Listrik Tenaga Surya
August 8, 2021

Manfaat Penggunaan Listrik Tenaga Surya

Pengurangan emisi karbon
Penggunaan listrik tenaga surya dapat membantu upaya pengurangan emisi karbon dunia yang jumlahnya saat ini sangat tinggi bahkan terbilang mengkhawatirkan. Ilmuwan dunia meyakini bahwa emisi karbon yang tinggi merupakan sumber utama penyebab terjadinya perubahan iklim dan pemanasan global yang semakin ekstrim. Penggunaan listrik tenaga surya minim emisi karbon dan ramah lingkungan

Penghematan biaya listrik jangka panjang
Penelitian menunjukkan penggunaan energi surya dapat menghemat total pemakaian listrik rumah tangga sebesar 30 %. Angka persentase tersebut tentu saja berpengaruh cukup signifikan dalam anggaran bulanan rumah tangga apalagi jika dikali 12 bulan atau selama setahun.

Sumber foto: pexels.com

Penghematan pengeluaran bulanan untuk biaya listrik tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan keperluan rumah tangga lainnya terlebih di masa seperti saat ini. Saat ini, harga solar panel untuk kapasitas 1.000 watt, yaitu sekitar Rp 20 juta. Namun, harganya cenderung terus turun seiring semakin berkembangnya teknologi listrik tenaga surya serta insentif yang terus diberikan oleh pemerintah. Balik modal dari pembelian solar panel, yaitu sekitar 7 tahun dari penghematan listrik. Cukup menarik bukan?

Menggunakan energi terbarukan
Apabila kita memilih menggunakan listrik tenaga surya maka secara otomatis kita akan menggunakan sumber energi terbarukan. Sebelumnya, selama beberapa dekade terakhir, kita terbiasa menggunakan listrik yang menggunakan sumber energi berbahan fosil yang jumlahnya terbatas dan cenderung menimbulkan dampak polusi terhadap lingkungan. Sebaliknya, energi terbarukan seperti matahari atau angin jumlahnya berlimpah dan sangat ramah lingkungan sehingga dianggap menjadi salasatu solusi dalam menangani masalah perubahan iklim dan pemanasan global.

Sumber foto: pexels.com

Cocok di negara tropis
Teknologi listrik tenaga surya sangat cocok diterapkan di negara tropis seperti Indonesia. Hal ini tidak lain karena Indonesia mendapat limpahan sinar matahari selama sepanjang tahun. Tidak semua negara di dunia dapat merasakan matahari sepanjang tahun seperti di Indonesia.

Matahari sendiri merupakan sumber utama dari listrik tenaga surya yang terbukti sangat ramah lingkungan. Diharapkan ke depannya seiring perkembangan inovasi teknologi serta dukungan pemerintah untuk mengatasi perubahan iklim dan pemanasan global, penggunaan listrik energi surya di Indonesia bisa lebih meluas.

Perawatan yang mudah
Perawatan panel surya terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Usia produktif panel surya pada umumnya, yaitu sekitar 25 tahun. Selama 25 tahun kedepan, tentu saja inovasi teknologi listrik tenaga surya akan terus berkembang dan biaya pembelian maupun instalasi juga semakin terjangkau dan murah.

Sumber foto: pexels.com

Perawatan yang perlu dilakukan biasanya hanyalah pergantian baterei untuk tenaga panel yang dilakukan secara berkala dan biayanya pun tidak mahal. Dengan perawatan yang mudah tentu saja penggunaan listrik tenaga surya semakin menarik di kalangan masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan kota besar.

Mengurangi ketergantungan terhadap PLN
Dengan menggunakan listrik tenaga surya kita akan membantu pemerintah dalam hal mengurangi ketergantungan listrik terhadap PLN karena kita bisa menghasilkan energi listrik sendiri. Semakin banyak rumah tangga yang menggunakan listrik tenaga surya, maka subsidi listrik yang diberikan pemerintah juga main berkurang. Dana subsidi tersebut pada akhirnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat lainnya.

Pengguna listrik energi surya bahkan bisa menjual listrik mereka kepada PLN dengan sejumlah ketentuan. PLN sendiri saat ini masih banyak menggunakan batubara sebagai sumber energi listriknya. Tentu saja penggunaan batubara memiliki dampak buruk terhadap lingkungan karena dampak polusi udara yang ditimbulkannya.

AI